Rabu, 26 Maret 2014

APTX 4869

#0314


APTX 4869 atau dijuluki Detektif Prototipe, adalah racun fiksi dan turunan dari formula eksperimental untuk tujuan tidak diketahui yang dikembangkan oleh Shiho Miyano. Obat ini digunakan oleh Organisasi Hitam sebagai racun
mematikan yang tidak terlacak.
APTX merupakan singkatan dari "Apoptoxin". APTX mengaktifkan telomerase : sebuah enzim yang memperpanjang umur DNA sehingga sel membelah dengan lambat.
Dalam prakteknya, APTX 4869 lebih digunakan sebagai racun mematikan. Gin mengatakan bahwa dengan membunuh menggunakan ini, tidak akan menimbulkan jejak. Mungkin ini sebuah penemuan baru di dunia kedokteran, hingga belum ditemukan. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, hal itu menyebabkan apoptosis non-saraf sel-sel stabil pada titik tertentu, menyebabkan usia jelas korban akan menurun sementara cara berpikir, memori, dan kepribadian tetap sama.
Sepanjang seri, ada beberapa penawar yang bisa digunakan, sehingga Shinichi dan Sherry kembali ke bentuk asal mereka. Bahan utamanya adalah baijiu atau dalam bahasa Internasional disebut Paical (Paikarru), minuman keras sulingan yang berasal dari China.
Pada awalnya, Gin mengungkapkan bahwa APTX 4869 adalah racun untuk membunuh orang-orang yang tahu terlalu banyak mengetahui Organisasi Hitam. Dia menggunakan Shinichi sebagai kelinci percobaan. Shiho Miyano mengatakan bahwa dia tidak berniat untuk membuat racun, yang menunjukkan bahwa APTX 4869 pada awalnya dikembangkan untuk tujuan lain.
Keabadian / anti-aging
Salah satu kemungkinan tujuan APTX 4869 adalah untuk mengembangkan terapi yang akan menyebabkan keabadian atau awet muda, membalikkan efek penuaan, atau memperpanjang umur manusia. Efek kembali ‘menjadi muda’ terjadi saat Shinichi dan Haibara meminum APTX 4869. Setelah Pisco melihat Haibara menyusut kembali ke bentuk anak-anak, ia berkomentar bahwa ia terkesan Haibara telah mengembangkan obat sampai pada titik itu, yang menyiratkan bahwa tujuan APTX 4869 memang mendekati kearah situ.  Ai juga pernah berkata, "Kudo-kun? Kau mungkin bahkan tidak pernah bermimpi bahwa kau sudah bagian dari proyek Organisasi Hitam yang telah bekerja selama setengah abad ".
Menurut keterangan Haibara, APTX4869 mengaktifkan telomerase, yaitu enzim yang dapat meningkatkan jumlah waktu sel untuk membagi, dan karena itu mempengaruhi sel umur dan "potensi reproduksi". Tujuan dari ini mungkin untuk mengembalikan semua sel non-saraf ke keadaan "muda", mempunyai potensi tinggi untuk bereproduksi. Dalam hal ini, selain Ai dan Shinichi, contoh lainnya yang mungkin adalah Vermouth. Ini menjadi rahasia mengapa Vermouth, tidak pernah tua.
Membangkitkan orang mati
Tujuan asli dari APTX 4869 mungkin untuk membangkitkan orang mati. Suatu ketika Conan bertanya Haibara langsung apa tujuan APTX 4869, dia menjawab, "Ini adalah ramuan untuk membangkitkan orang mati, apakah itu jawaban yang memuaskan.?"
Dalam sebuah artikel resmi Internasional tentang Detective Conan, disebutkan bahwa bahan-bahan untuk membuat penangkal obat APTX 4869 adalah Baijuu dan ekstrak obat APTX 4869. Serta bahan-bahan lainnya yang tidak diketahui.

Sumber : http://www.detectiveconanworld.com/wiki/APTX_4869

Tidak ada komentar:

Posting Komentar