Minggu, 23 Maret 2014

Mengungkap Identitas "Anokata" (Part 1)


Sebagai penggemar manga Detective Conan, rasanya sudah lama sekali aku mengikuti perkembangan cerita ini. Dari mulai SD sampai sekarang (lulus SMA), manga ini masih belum menemui titik terang untuk mengakhiri ceritanya. Shinichi Kudo masih berbentuk Conan, Ran Mouri masih nunggu Shinichi, Kaitou Kid masih belum ditangkap, dan misteri terbesarnya adalah: identitas dari bos Black Organization (BO) yang sampai sekarang masih belum terungkap juga. Bos ini biasa disebut dengan nama “Anokata” atau “That Person”.
Kemisteriusan sosok Anokata dalam anime ini membawa dampak yang tidak biasa bagiku. Aku yakin, Aoyama Gosho benar-benar pintar ngebawaku ke kehidupan Conan Edogawa dalam anime ini. Pada saat aku insomnia pada suatu malam, yang bikin aku ngeri bukannya hantu atau pencuri, tapi aku malah mikirin si Anokata. Aneh ya?
Nah, daripada Anokata dibikin galau sampai insomnia, mending aku bahas aja di post ini. Para penggemar Detective Conan merapat yuuuk!
Sebagai pembukaan, aku pengen ngebahas estimasi para fans DC mengenai identitas Anokata. Ini semua aku temui dari berbagai forum di internet.

Profesor Agasa
Fans DC banyak yang berpendapat bahwa profesor yang punya banyak penemuan aneh ini adalah Anokata. Alasannya sebagai berikut:


  1.  Pas dia nemuin Shinichi pertama kali dalam bentuk Conan, dia langsung meminta Shinichi untuk menyembunyikan identitasnya dari orang lain agar BO tidak membunuhnya atau mengincar nyawa orang-orang yang ada di dekatnya. Banyak yang berspekulasi kalau tujuan Agasa untuk menyembunyikan Shinichi adalah untuk melihat perkembangan obat APTX 4869 yang diminumin Gin buat Shinichi.
  2. Dia senang sama lagu Seven Children yang merupakan nada tombol nomor telepon untuk menghubungi bos BO.
  3. Mobilnya mirip sama Gin.

Pas mendengar pendapat yang ini, aku kaget banget. Masa iya, sih? Alasan-alasan yang tepat buat menentang teori yang satu ini adalah:
  1. Selama ini, Profesor Agasa banyak berperan dalam membantu Conan dan Grup Detektif Cilik dengan ngebikinin alat-alat canggih, bahkan sering banget ngajak mereka piknik. Masa, sih, bos BO yang berdarah dingin dan terkesan sangar melakukan hal ini?
  2. Ingat sama insiden permen karet penyadap milik Conan nempel di sepatunya Rena? Nah, dari penyadap aja Conan bisa tahu kalau Rena ternyata agen CIA. Masa, sih, Conan nggak ada nangkap gelagat mencurigakan Profesor Agasa? Padahal dia sering banget ketemu Profesor Agasa.
  3. Trus kalau dia bos BO kenapa dia nggak ngebunuh Conan dan Ai dari awal? Terutama Ai yang merupakan pengkhianat organisasi . Yaa mungkin kalau dibunuh dari awal ceritanya jadi cepat selesai dong.
  4. Kalau ngebilangin Agasa adalah bos BO berarti sama aja ngebilangin bahwa musuh terbesarnya Sherlock Holmes adalah Dr. Watson. Nggak banget ya?

Tapi akhirnya aku lega. Soalnya Aoyama Gosho-nya sendiri udah ngumumin secara resmi kalau Profesor Agasa bukanlah si Anokata. Hehehe.

Kogoro Mouri
Kenapa tiba-tiba nama Kogoro Mouri muncul?
  1.   Dia senang mabuk-mabukan. Soalnya, codename dari anak-anak BO pake nama minuman keras kayak Gin, Vodka, atau Bourbon.
  2.  Dia senang sama cewek. Apalagi, kan, dibilangin kalau anak kesayangan Anokata itu si Vermouth.
  3. Dia nggak senang kalau Ran dekat sama Shinichi.
  4. Trus ada yang bilang pas adegan si Gin pengen nembak si Kogoro gara-gara alat penyadapnya Conan ketemu di sepatunya Rena merupakan manipulasi mereka buat memancing Shinichi ataupun Shuichi Akai.

Tapi kalau dia benar-benar Anokata, kenapa dia:
  1. Nggak nyadar kalau dia dibius sama Conan selama ini?
  2. Harus menjalani profesi sebagai orang yang melawan kejahatan (dari polisi sampai detektif)?
  3. Nggak punya aura pembunuh?

Yusaku Kudou
Naaaah, kalau teori yang ini jadi lebih aneh lagi. Orang-orang bilang ayahnya Shinichi ini adalah Anokata karena:
  1.  Perkataan Haibara yang bilang kalau Shinichi udah masuk agenda BO sejak lama.
  2. Karena Yusaku adalah pengarang novel Night Baron yang merupakan nama sebuah virus komputer.
  3. Karena dia sering bepergian ke luar negeri, katanya untuk menghindari kecurigaan Shinichi kepadanya.

Bantahannya begini:
  1. Aoyama Gosho ngegambarin Shinichi-Yusaku itu like father, like son. Kalau Shinichi aja begitu, pasti diturunin dari ayahnya.
  2. Ayahnya sering mecahin kasus pembunuhan juga. Masa, sih, dia suka ngebunuh orang?
  3. Kalau dari awal si Yusaku adalah bos BO, kenapa dia harus beliin Shinichi novel Sherlock holmes sampai dia keranjingan trus terobsesi banget buat jadi detektif?

Subaru Okiya
Ini adalah sosok mencurigakan yang tiba-tiba muncul pas kasus kebakaran apartemen. Banyak yang mengira bahwa dia adalah Bourbon. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau dia adalah bos BO yang langsung blusukan buat nyari si Sherry gara-gara nggak percaya lagi sama bawahannya. Masa?
Tapi belakangan ini udah diketahui bahwa Subaru Okiya ini sebenarnya adalah Shuichi Akai yang didandani sama ibunya Shinichi buat nyamar. Jadi, dia bisa langsung dicoret dari daftar ini.

Hattori Heiji
Si detektif Osaka berlogat Kansai ini dicurigai karena:
  1. Kemunculannya di kantor Detektif Mouri buat nyari Shinichi. Bisa aja alasannya buat adu analisis cuman buat nutup-nutupi kalau sebenarnya dia curiga dengan hilangnya Shinichi Kudo karena dapat laporan dari Gin.
  2. Dia pernah ngasih Conan arak Cina buat nyembuhin flu. Kan, bos BO ngasih codename bawahannya nama-nama minuman keras.

Yang ngebantah bilang kalau:
  1. Heiji itu juga kerjaannya detektif, buat mecahin kasus kejahatan.
  2. Dia juga senang ngebantuin Shinichi nyari-nyari info soal BO. Ada, kan, pas Conan pengen tau asal-usul Eisuke Hondo?
  3. Masa, sih, dia nggak langsung ngebunuh Conan pas udah tau kalau dia itu Shinichi?

Ayumi
Sebenarnya ini konyol banget kalau sampai Ayumi yang jadi bos BO. Teorinya: dia minum APTX 4869 buat dia, trus nyamar jadi anak SD. Pas dia tahu kalau ada murid pindahan yang bernama Conan, dia langsung tau kalau itu Shinichi Kudo, makanya dia suka nempel sama si Conan.
Tapi, kan, Ayumi polos banget… Dia yang menginspirasi Haibara untuk tidak lari dari kenyataan. Dia juga yang ngasih Inspektur Shiratori gelang bunga sakura dari bungkus sedotan sebagai hadiah karena telah memecahkan kasus, yang akhirnya mempertemukan Shiratori dengan cinta pertamanya, Kobayashi-sensei.

Gin
Salah satu komplotan BO yang cukup cemerlang. Ada yang bilang kalau dia senang nyebut-nyebut Anokata cuman sebagai kamuflase doang, padahal sebenarnya dialah yang merupakan bos. Tapi kalau dia adalah bos BO, ini berkebalikan banget dengan kenyataan bahwa bos BO paling senang dengan agen Vermouth, sementara Gin sendiri sering beradu argumen dengannya.

Vermouth
Anak kesayangan bos BO ini juga kerap kali dicurigai sebagai sang bos. Bisa aja, kan, kalau dia ngaku-ngaku anak kesayangan si Anokata padahal dianya sendiri yang jadi bos? Ciri-ciri si bos di manga ini juga sebagian besar diungkapkan oleh Vermouth. Namun, pas Conan diculik oleh Vermouth, Conan sempat ngeliat Vermouth menghubungi Anokata lewat HP yang pakai nada bait awal lagu Seven Children. Kecurigaan pada tokoh ini jadi agak pupus.  

Jirokichi Suzuki
Ini, lhooo, si engkongnya Sonoko yang terobsesi banget buat tampil di halaman depan koran dengan mengajukan tantangan buat Kaitou Kid. Dia dicurigai karena kaya dan sudah tua. Tapi, buat aku nggak banget, sih.

James Black
Naaaah, kata orang-orang juga, sih, si James Black yang merupakan anggota FBI ini paling memungkinkan buat jadi bos BO. Alasannya:
  1. James itu nama depannya James Moriarty, musuhnya Sherlock Holmes.
  2.  Nama belakangnya “Black” yang mengacu pada Black Organization.
  3. James dan Vermouth lama tinggal di Amerika.
  4. Haibara bilang kalau BO ngerjain project mereka itu udah setengah abad. James kayaknya cukup tua buat itu.
  5. Meskipun penyusupan Akai gagal gara-gara agen Camel, tapi kayaknya BO udah tau identitas Akai dari awal, atau setidaknya udah curiga karena mereka nggak percaya sepenuhnya sama dia. Sebagai anggota FBI, James pasti tahu soal ini.
  6. James bilang dia lahir di London, di district yang sama dengan Baker Street (tempat Holmes tinggal), tapi dibesarkan di Chicago, tempatnya Capone. Si James bilang Capone dengan ekspresi yang aneh. Haibara juga pernah bilang kalau gengnya Capone agak mirip sama BO.
  7. BO sering pake kode atau password berdasarkan misteri maupun sejarah. Ketika James memperkenalkan diri, dia ngomongin soal Holmes (tokoh novel misteri) dan Capone (tokoh sejarah).
  8. James bilang kalau Conan itu Cool Guy, sama seperti cara Vermouth ngejulukin si Conan.
  9. Pas pertama kali liat Sera dari foto, dia langsung tau kalau Sera itu cewek sementara Jodie dan Camel nyangka kalau dia itu cowok. Instingnya tajam.

Wah, numpuk banget, ya, kecurigaan kita sama James Black kalau melihat kenyataan-kenyataan ini. Beberapa argument buat ngingkarinnya:
  1. James Black itu kelihatannya bijak.
  2. Bisa jadi namanya hanya sebagai sarana buat ingat sama musuhnya, layaknya Jodie-sensei senang ngomong “A secret makes a woman woman” buat ingat sama Vermouth yang ngebunuh ayahnya.

Tokoh ini kayaknya perlu diselidiki lebih jauh.

Atsushi Miyano
Dia adalah ayahnya Haibara yang juga kerabatnya si Profesor Agasa. Selama manga ini dijalankan, kita nggak pernah ngeliat penggambaran sosoknya secara langsung, hanya melalui cerita-cerita doang. Karena Aoyama Gosho bilang kalau bos BO adalah orang yang nggak disangka-sangka oleh Haibara, bisa jadi dia adalah si bos. Apalagi Haibara sama kakaknya bisa direkrut oleh BO. Tapi, kalau dia Anokata, masa, sih, dia pengen ngebunuh anaknya sendiri?

Genichirou Kaneshiro
Dia pernah muncul di kasus Night Baron. Si pemilik perusahaan komputer berumur 74 tahun yang (katanya) berhubungan dengan Crow Organization (organisasi yang pernah disebutin di kasus berkumpulnya para detektif untuk mencari harta karun di Villa Emas. Lupa judul kasusnya).

Aoyama Gosho
Naah, kalau yang ini agak absurd. Penggemar DC biasa menghadapi kenyataan yang di luar dugaan. Kali aja si penulis DC ini tiba-tiba masuk ke dalam cerita dan jadi bos BO, hehehe.
Yang aku paparkan ini baru spekulasi-spekulasi yang aku dapat dari:
conanlicious.tumblr.com
kaskus.us
aptx4869.org
forums.dctp.ws
tvtropes.org
FP Facebook Detective Conan Fans Club of Indonesia Lovers
www.detectiveconanworld.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar